Mengunjungi Ujung Kulon Bersama Backpacker Jakarta

Senin, November 13, 2017


Sudah lama  tidak menulis di blog tercinta ini. Kali ini gw ingin berbagi pengalaman gw ke salah satu kawasan di ujung barat Pulau Jawa, yaitu Taman Nasional Ujung Kulon. Gw berkesempatan menjadi ketua dalam perjalanan kali ini bersama member Backpacker Jakarta, dan gw di dampingi dua teman perempuan gw Aya dan Almira. Kami membawa 26 peserta untuk berpetualang di Kawasan Ujung Kulon. Indonesia memang surga yang tececer di bumi. Tak heran bahwa banyak tempat yang menawan di negara tercinta ini. Salah satunya adalah Taman Wisata Ujung Kulon. Ada apa si di Ujung Kulon? bagaimana cara ke tempat itu? semuanya akan gw ulas di tulisan gw ini.
Bermain Kartu Diatas Kapal Karena Perjalanan Yang Memakan Waktu Lama

Jumat, 20 Oktober 2017 kami memulai perjalanan. Karena ini trip Backpacker Jakarta kami berkumpul di sekrtariat Backpacker Jakarta di UKI Cawang. Pukul 22.00 WIB Gw , Aya, Almira, dan 24 peserta trip berangkat menuju Taman Nasional Ujung Kulon Menggunakan Bus Sewaan. Di Kota Serang kami berhenti untuk menjemput Member trip Neni dan Ochi yang kebetulan rumah mereka berdua di kawasan tersebut. Taman Nasional Ujung Kulon berada di Ujung Pulau Jawa Bagian Barat, terletak di provinsi Banten. Desa terakhir menuju kawasan ini adalah Desa Sumur. Perjalan dari Jakarta menuju Desa Sumur memakan waktu 6 Jam. Pukul 05.00 Kami sampai di desa sumur dan kami manfaatkan untuk cuci muka, sarapan, dan beres-beres menuju kapal hoping . Pukul 6.00 Kami berangkat dari Desa Sumur menuju Pulau Peucang. Pagi itu Cuaca sangat bersahabat. Gelombang air lautpun tidak begitu besar. Lama perjalan ke Pulau Peucang adalah 3- 4 Jam.

Pemandangan Di Pinggir Pantai Pulau Peucang

Sabtu ,21 Oktober 2017 pukul 09.00 Kami sampai di Dermaga Pulau Peucang . Kami habiskan 1 Jam untuk bermain dan foto foto di area dermaga dan pinggir pantai Pulau Peucang. Kami berkumpul kembali untuk melakukan trecking ke karang copong. Kami memasuki hutan menuju karang copong. Sepanjang perjalanan kami melihat pohon-pohon yang umurnya ratusan tahun. Kami juga melihat satwa yang ada di pulau peucang ini misalnya rusa, babi hutan dan burung merak. trecking menuju karang copong tidak terlalu jauh hanya 1 jam saja bisa mencapai karang copong, treckingnya pun tidak terbilang berat. Pukul 12.00 Kami sampai di karang copong. Kami melihat karang yang bolong di tengahnya karena terkikis oleh ombak. Di karang copong kami foto foto bermain air, dan ngemil. Satu jam kami di sini kita lanjutkan ke dermaga Pulau Peucang. Pukul 13.00 Kami sampai di dermaga kami lanjutkan untuk ISOMA. Dimana di Pulau Peucang ini terdapat, musolah, penginapan dan terdapat warung dan balai konserfasi.

Padang Pengembala Cidaon terdapat menara Pandang

Pukul 14.00 Kami lanjutkan petualangan kami mengarungi lautan menuju Padang Pengembala Cidaon. Di tempat ini adalah bagian dari kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Kita bisa melihat satwa liar yang sedang mencari makan terdapat kerbau, rusa, banteng , dan banyak sekali satwa liar di tempat ini. terdapat menara pandang juga. Memakan waktu 1/2 jam perjalanan menuju tempat ini. Setelah puas berfoto-foto kami lanjutkan perjalan kami ke pulau Panitan untuk mendirikan tenda. Tapi sebelum ke panaitan kami sempatkan untuk snorkling di selat sunda ini. Gw melihat para peserta cukup antusis untuk bermain air dan snorkling di lautan yang masih jernih bersih dan berwarna biru.


Tempat Berkemah di Pulau Panitan


Pukul 16.00 Kami melanjutkan perjalanan menuju Pulau Panitan, dimana kami semua akan bermalam di pulau tersebut.  Memakan waktu 1 jam perjalan ke pulau ini dari tempat snorkling kami. Sesampainya  di Pulau Panitan kami membagi 2 regu dimana regu pria mendirikan tenda dan regu wanita memasak untuk makan malam kami. Di pulau Panitan terdapat 1 balai konservasi jadi tidak usah takut untuk tidak mendapatkan air bersih. Selesai mendirikan tenda teman teman bergiliran untuk mandi. Solat Magrib dan bercengkrama. Bermalam di panitan sangat tenang dan menyenagkan, jauh dari kebisingan kota. Kami berkumpul dan makan malam bersama sama di lanjutkan dengan  bermain game serta membagikan doorprize. waktu menunjukan pukul 23.00 dan kami semua lekas masuk tenda untuk tidur dan angin di pulau panitan malam ini sangat kencang jadi berasa dingin kalau di luar tenda.


Kesokan harinya Minggu,22 Oktober 2017 Pukul 05.00 Kami bangun pagi di lanjutkan dengan Solat Subuh dan acara bebas. Para peserta sangat menikmati pagi ini. Ada yang duduk di dermaga, ada yang bermain air di pantai, ada yang hunting sunrise, ada yang masak untuk sarapan pagi  dan macam macam kegiatan yang di lakukan oleh member trip kali ini. Pukul 7 Pagi kami bergegas meningglkan pulau panitan, kami membereskan semua perlengkpan, dan membersihkan sampah sampah yang ada di wilayah tenda kami. Petualngan selanjutnya ada lah menuju Pulau Oar untuk snorkling kembali. 

Snorkling Di Pulau Oar bersma member Trip

Pukul 10.00 Kami sampai di Pulau Oar, Pulau Oar ini adalah pulau yang hanya seluas lapangan basket. Mempunyai beberapa pohon di pulau tersebut dan hamparan pasir putih. Beberapa member trip melakukan snorkling disekitaran Pulau Oar dan ada yang berkeliling Pulau Oar sambil main di pantai dan ada juga yang hanya bermain di kapal hoping. Ada kejadian mendebarkan disini. Ceritanya ada member trip bernama Ali dan Rama, mereka snorkling dan menghampiri Pulau Oar, ketika selesai berkeliling mereka balik lagi ke kapal hoping dengan berenang. Arus di perairan pagi ini sangat besar dan kami semua menunggu mereka berdua di kapal. tampak dari kejauhan Ali dan Rama berennag menghampiri kapal tetapi yang sampai duluan adalah Rama. Ali tertinggal di perairan dengan melambaikan tangan. Kami yang di kapal mengira bahwa Ali meminta untuk di foto.  Ketika di foto si Ali terus melambaikan tangan ternyata Ali lemas kebawa arus tidak kuat berenang menuju kapal. Akhirnya ABK Kapal menolong Ali dibantu oleh member trip yang lain. Ketika sampai di kapal alhamdulillah tidak terjadi apa apa dengan Ali dan Ali dijadikan bahan guyonan member trip. 

Pulang Kerumah Masing Masing

Pukul 13.00 Kami menuju Desa Sumur untuk membersihkan badan dan ISOMA. dan Pukul 15.00 Kami menuju Jakarta. Di dalam perjalalan kami kelelahan ada yang tidur ada yang masih ngobrol ada yang nyanyi  nyanyi. Sebelum pulang kami mampir ke rumah makan padang  untuk istirhat dan dan dilanjutkan lagi perjlanan kita ke jakarta dan kami semua sampai di Jakarta dengan selamat dengan membawa kenangan yang tidak terlupakan. Terimaksih untuk semua yang terlibat dalam trip Ujung Kulon ini. Semoga kita bisa trip bareng lagi ya. 

Susset di Pulau Panitan



Saran
Untuk yang mabok laut bisa minum obat anti mabok

You Might Also Like

0 komentar

Facebook

Instagram

Instagram

My Gallery